Biografi Tom Chaplin Keane

12/04/2020 by Editorial Staff

Tom Chaplin atau yang memiliki nama lahir Thomas Oliver Chaplin merupakan seorang penulis lagu, penyanyi, musisi, dan komposer. Ia juga dikenal sebagai penyanyi utama dari band british pop rock bernama Keane. Tom Chaplin lahir pada tanggal 8 Maret 1979.

Chaplin menikahi pacarnya yang bernama Natalie Dive pada Juni 2011 dan dikaruniai dengan seorang putri yang lahir pada tanggal 20 Maret 2014. Mereka tinggal di Wittersham, Kent. Tom Chaplin merupakan seorang pemain golf yang handal, seorang suporter Ipswich Town dan England cricket team.

Mengenal Tentang Tom Chaplin

Biodata Tom Chaplin lahir di Hastings, East Sussex, England dari orang tua Sally dan David Chaplin OBE, berbeda satu bulan dari saudara Tim Rice-Oxley yang juga bernama Tom. Ibu mereka menjadi teman dan Thomas memulai persahabatan dengan kedua saudara tersebut hingga saat ini.

Ayah Chaplin merupakan seorang kepala sekolah di Vinehall School di Robertsbridge. Mereka juga bersekolah di sana bersamaan dengan Richard Hughes, yang kemudian menjadi teman satu band. Bersamaan dengan Rice-Oxley dan Hughes, mereka kemudian bersekolah di Tonbridge School. Mereka kemudian bertemu dengan Dominic Scott di sekolah.

Selama masa-masa sekolah di Vinehall, Thomas Chaplin bermain drama sekolah dan merupakan bagian dari kelompok paduan suara. Dia juga bermain flute selama masa-masa di sekolah. Chaplin kemudian masuk ke University of Edinburgh, namun akhirnya keluar untuk fokus pada karirnya di bidang musik.

Pada tahun 1995, Scott, Rice-Oxley dan Hughes memulai band pertama mereka yang bernama The Lotus Eaters. Band tersebut merupakan sebuah band yang memainkan cover lagu dari U2, Oasis dan The Beatles di Sussex pubs. Tim Rice-Oxley kemudian mengajak Chaplin untuk bergabung ke dalam band sebagai pemain gitar akustik. Pada tahun 1997, nama band tersebut diubah menjadi Keane dan Chaplin menjadi penyanyi utama di band tersebut.

Pada Juli 1997, Chaplin mengunjungi Afrika Selatan pada masa di mana bandnya sedang mempersiapkan diri untuk pertunjukan. Kemudian Hughes mengajak Chaplin pada 3 Juli 1998. Chaplin kemudian menuntut ilmu di University of Edinburgh di bidang seni namun berhenti untuk menuntut karir di London.

Selama di London, Tom Chaplin hidup hemat bersama dengan Rice-Oxley dengan menyewa sebuah flat dan tinggal bersama di Stoke Newington. Mereka mencoba mendapatkan uang dari waktu latihan. Chaplin bekerja di perusahaan penerbit di mana pekerjaannya adalah untuk membawa kotak-kotak.

Scott merupakan gitaris utama dan Chaplin yang memainkan gitar akustik. Namun sejak Scott meninggalkan band pada tahun 2001, Tom Chaplin Keane kemudian mengambil posisi penyanyi utama namun juga bermain organ di lagu “Hamburg Song” saat pertunjukan mereka, bahkan juga memainkan piano pada lagu terbaru mereka pada album kedua. Dia juga mengambil peran di rekaman Band Aid 20’s di “Do They Know It’s Christmas?” pada November 2004 dengan melakukan bagian solo pada “feed the world”.

Keane beranggotakan Thomas Oliver Chaplin sebagai vokalis dan gitaris, Timothy James Rice-Oxley sebagai seorang pianis, Richard David Hughes sebagai pemain drum dan perkusi, Jesse Joseph Quinn sebagai bassis dan perkusi.

Tom Chaplin mengatakan bahwa ia ingin membuat rekaman solo selama masa hiatus Keane. Kemudian pada Januari 2016, ia kemudian merekam lagu untuk debut solo albumnya di Los Angeles, California dengan 40 lagu yang ditulis dan akan dikurangi sesuai dengan kapasitas albumnya. Ia kemudian mengumumkan pada akhir Juni bahwa albumnya sudah selesai dan akan dirilis sesegera mungkin.

Lagu Tom Chaplin