Konsep Feast Sectumsempra Dari Harry Potter

14/04/2020 by Editorial Staff

Feast Sectumsempra merupakan lagu yang diambil dari konsep novel series Harry Potter bahkan sudah terlihat dari judulnya yang merupakan salah satu mantra kutukan di series Harry Potter. Feast sendiri merupakan grup musik asal Indonesia bergenre rock. Grup ini beranggotakan Baskara Putra sebagai vokalt dan synthesizer, Adnan S.P sebagai gitaris, Dicky Renanda sebagai gitaris, Adrianus Aristo Haryo sebagai drummer, dan F. Fikriawan sebagai bassist.

Grup ini dibentuk dari mahasiswa Universitas Indonesia FISIP atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Nama Feast atau yang ditulis sebagai .Feast diambil karena dua alasan, yang pertama itu karena anggota grup ini suka membuat musik dengan bekerja sama dengan orang lain.

Yang kedua adalah bahwa mereka menganggap bahwa musik mereka bisa dianggap sebagai suatu perayaan atas kemenangan dan hal lainnya. Titik pada bagian depan Feast sebenarnya tidak memiliki arti yang spesifik. Titik ini bertujuan untuk membedakan nama grup mereka dengan nama grup orang lain yang memiliki nama yang sama.

Setiap lagu-lagu dari Feast memiliki arti tersendiri yang mendalam sehingga para penggemarnya selalu menyukai karya-karya dari Feast. Contohnya seperti single Camkan yang menceritakan tentang kegelisahan di negeri Indonesia terhadap kebebasan beragama. Single Feast Sectumsempra juga menjadi lagu yang juga memiliki arti khusus.

Konsep Lagu Feast Sectumsempra

Feast Sectumsempra dirilis pada tahun 2015 dalam format audio namun kemudian lagu ini dirilis ulang kembali pada tahun 2017 dan menggunakan format video lirik dan juga konteks dan arahan yang lebih kreatif dan baru. Lagu ini dikatakan terinspirasi dari seri Novel Harry Potter. Bisa dilihat juga dari judulnya yang merupakan salah satu mantra yang ada di novel dan film Harry Potter.

Sebelum lagu Sectumsempra Feast dirilis, Feast sudah terlebih dahulu merilis video klip dengan single yang berjudul Wives of ??? (We Belong Dead) atau Wives of Gojira. Single tersebut merupakan lagu pembuka dari Feast, Multiverses yang menjadi album perdana mereka.

Wives of ??? (We Belong Dead) berkolaborasi dengan penyanyi Janitra Satriani, namun untuk Sectumsempra, Feast melakukan kolaborasi dengan vokalis dan gitaris dari Rachun yaitu Yudhis. Rachun sendiri merupakan salah satu band rock asal kancah Potlot.

Pada series Harry Potter, Sectumsempra merupakan mantra kutukan yang dibuat oleh Severus Snape. Mantra tersebut memiliki fungsi sebagai pedang yang dapat melukai tubuh lawannya seperti menggunakan pedang. Mantra ini dapat berakibat fatal bagi orang yang terkena.

Vokalis Feast yaitu Baskara, mengatakan bahwa lagu ini menceritakan tentang Severus Snape atau juga tentang aktivis dan politisi. Tergantung apakah orang yang mendengarkan lagu ini langsung mendengarkan pada bagian verse satu dan dua atau tidak.

Yudhis mengatakan bahwa lagu ini merupakan pengalaman pertamanya dalam menulis puisi yang kemudian dibuat dalam bentuk rekaman ke sebuah album musik. Tentu saja Yudhis harus memahami keseluruhan lagu yang dibuat agar bisa menghasilkan karya yang sempurna dan klimaks yang bisa didapat oleh para pendengarnya.

Musik video Sectumsempra dikerjakan oleh drummer band Rekah yaitu Junior Johan. Ia juga membuat musik video Wives of ??? (We Belong Dead) dan juga Rekah yang berjudul “Tentang Badai / Belajar Tenggelam”. Anda bisa menonton video musik Feast Sectumsempra melalui akun resmi Feast di Youtube yang hingga kini lagu tersebut sudah mencapai 700 ribu views.

Lagu Feast