Penulis Lagu Neil Peart Meninggal Dunia

10/01/2020 by Editorial Staff

Neil Peart adalah drummer dan penulis lirik dari band Rush telah meninggal dunia Selasa 7 Januari 2020 di Santa Monica, California pada usia 67 tahun. Menurut seorang juru bicara keluarganya, Elliot Mintz, kematiannya disebabkan karena kanker otak, dimana Peart telah berjuang selama tiga setengah tahun dengan penyakitnya. 

Sebuah pernyataan yang ditulis pada akun twitter Rush mengatakan bahwa Peart merupakan teman, saudara laki-laki, dan teman satu band selama lebih dari 45 tahun, dia sangat berani menghadapi pertempuran dengan penyakit tersebut yaitu glioblastoma atau suatu bentuk kanker otak yang agresif selama 3 tahun. Kami minta kepada teman, penggemar dan media untuk mengerti kondisi keluarganya yang membutuhkan privasi dan membutuhkan ketenangan dalam situasi seperti ini.”

Peart bergabung bersama Geddy Lee dan Alex Lifeson tahun 1974. Sejak Peart bergabung, Rush semakin dikenal dan sukses dengan album-albumnya seperti Caress of Steel (1975), dan Hemispheres (1978). Mereka membawa band asal kanada tersebut hingga mencapai puncak karirnya dan pada tahun 1983 Rush dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Peart merupakan drummer hebat dan dicintai oleh teman-temannya, dia juga pernah memenangkan hadiah dalam “Modern Drummer’s annual readers’ sebanyak 38 kali. Ia juga pernah menduduki urutan empat dari 10 drummer terbaik sepanjang masa menurut versi Rolling Stone. 

Pada tahun 1997, putri Peart yaitu Selena Taylor mengalami kecelakaan tunggal dan disusul oleh istrinya Jacqueline Taylor yang meninggal 10 bulan kemudian karena kanker. Hal itu membuat Peart menunda kehidupan bermusiknya dan lebih sering mengendarai motor besarnya untuk merenung.

Kisah perjalanan dengan motornya dan kisah dirinya pun dituliskan dalam buku yang dijuluki Ghost Rider: Travels on the Healing World dan beberapa buku lainnya. Dalam buku Ghost Rider, disebutkan bahwa ia menempuh jarak 88 ribu km mengelilingi Amerika Utara dan Amerika Tengah. Hingga di akhir bukunya pada tahun 2000, Peart menikahi Carrie Nuttall dan memiliki anak bernama Olivia.

Setelah menerbitkan buku, Peart kembali bergabung bersama Rush dan hadir dengan formasi lengkap sampai merilis album Vapor Trails tahun 2001.

Sampai sekarang Rush telah merilis 19 album studio, menjual lebih dari 40 juta unit di seluruh dunia. Mereka berada di peringkat ketiga, di bawah Beatles dan the Rolling Stones. Pencapaian yang sangat luar biasa dalam sepanjang karir Rush.

Peart mengatakan “Saya sudah ditempatkan di posisi ini, dan tentu saya tidak menganggap remeh" katanya kepada Rolling Stone pada 2012, ia juga mengakui bahwa dirinya masih mempelajari drum.  

Rush pun mengakhiri perjalanan turnya pada Agustus 2015 setelah merilis album berjudul Clockwork Angels pada tahun 2012. Dan Peart menyatakan pensiun dari band pada 2015 dan bandnya juga menyatakan telah selesai pada tahun 2018.

Setelah kematian Peart, lagu-lagu dari band Rush ini kembali melambung tinggi 776 persen di Amerika Serikat menurut Nielsen Music/MCR Data. Dari 2,8 juta pada tanggal 6-9 januari menjadi 24,54 juta di tanggal 13 januari.

Lagu berjudul Tom Sawyer yang sempat hit tahun 1981 kini menjadi lagu yang diminati kembali. Penjualan katalog lagu Band Rush itu pun tumbuh sebesar 2.304 persen.

Pada platform digital Youtube, Rush memiliki 320 ribu subscriber dan memiliki 152 juta views. Kalian dapat mendengarkan Rush di platform digital lainnya seperti Spotify, Joox dan Apple Music.

Lagu Neil Peart